Gelanggang Mahasiswa: Suarakan Kebenaran

Seminar Nasional Pendidikan dalam Rangka Dies Natalis ke-10 FKIP Undhari Sukses Digelar

410

Dharmasraya, gemaundhari.com, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) melaksanakan Seminar Nasional Pendidikan FKIP Undhari (SENDARI) dalam rangka peringatan dies natalis ke-10 FKIP UNDHARI yang dilaksanakan secara daring melalui zoom dan siaran langsung di kanal YouTube SENDARI, Rabu (24/2/2021)

SENDARI dibuka secara resmi oleh Rektor Undhari Dr. Gunawan Ali, M.Kom, didampingi Wakil Rektor II dan III, Dekan FKIP, Ketua Prodi, dan dosen se-Lingkungan FKIP Undhari dan civitas Akademika FKIP Undhari.

Dekan FKIP Ibu Dr. Rahmatul Hayati, M.Pd., melalui panitia pelaksana SENDARI Ibu Rusyda Ulva, S.S., M.A., menyampaikan kegiatan SENDARI mengangkat tema “Inovasi Pendidikan Berbasis Kompetensi Abad 21 di Era Digital”

“SENDARI dilatarbelakangi dari kegelisahan terhadap tantangan zaman di era digital, kita membutuhkan kompetensi, karena sebagai lembaga pendidikan FKIP Undhari mempunyai tanggung jawab besar dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menghadapi tantangan zaman itu, kita harus mempunyai skill dan menguasai kompetensi abad 21 tersebut” tutur Ulva.

Dalam kegiatan SENDARI yang melibatkan dosen dan mahasiswa sebagai panitia dan peserta serta guru, peneliti, dan peserta dari umum. Yang berjumlah 600 peserta, dan 30 peserta Pemakalah

SENDARI menghadirkan pemakalah utama yaitu guru besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed yang memaparkan makalahnya dengan judul “Inovasi Pendidikan Berbasis Kompetensi Abad 21 di Era Digital” pemakalah kedua Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Barat yang diwakili Bapak Ali Akbar, S.H., M.M., Kepala UPTD Bidang Teknologi dan Informasi Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Barat, dengan makalahnya “Peningkatan SDM dan Pendidikan Sumatra Barat di Era Digital” yang dimoderatori oleh Dr. Amar Salahuddin, M.Pd, Wakil Rektor II UNDHARI.

Dalam penyampaian materinya Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed., memaparkan bahwa di era digital ini, kita harus memiliki kompetensi yang didasari dengan nilai 4C, yaitu Critical, Collaboration, Communication, dan Creative. “Dalam menghadapi kompetensi abad 21 di era digital ini, kompetensi harus didasari dengan nilai 4C, Critical, Collaboration, Communication, dan Creative, yaitu berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi dan kreativitas. Kita harus mengkolaborasikan antara core value dengan 4 kompetensi tersebut, kita juga harus bisa memahami serta menerapkan konsep agama Islam dan akhlakul karimah, karena itulah yang lebih penting” papar Zuhdan.

Bapak Ali Akbar, S.H., M.M., dalam makalahnya tentang Peningkatan SDM dan Pendidikan Sumatra Barat di Era Digital menyampaikan upaya-upaya yang bisa dan dan sudah dilakukan untuk meningkatkan SDM di Sumatra Barat.

“Untuk meningkatkan kualitas SDM yang sehat beriman, berkarakter, berkualitas tinggi di Sumatra Barat, kita perlu melakukan peningkatan akses dan mutu SMA, SMK, tenaga pendidik, manajemen pendidikan, dan pendidikan karakter di era digital ini melalui program peningkatkan kualitas TIK, pembelajaran berbasis TIK, dan kuis berbasis TIK seperti Kuis Ki Hajar” ungkap Ali.

Selanjutnya Ali menambahkan Indeks pembangunan manusia di Sumatra Barat sudah mencapai 72% dan dampaknya akan terlihat secara global. “oleh karena itu kita harus selalu melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas SDM di era digital ini” tambah Ali.

Sesudah pelaksanaan sesi pemakalah utama yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, siangnya kembali dilanjutkan dengan sesi paralel pemakalah yang diterima melalui seleksi dari reviewer ahli. FKIP Undhari bertekad, setelah berhasil dan sukses menggelar Seminar Nasional Pendidikan ke-2, tahun depan berencana kembali akan menggelar seminar atau konferensi internasional. (Tim)

Leave A Reply

Your email address will not be published.