Gelanggang Mahasiswa: Suarakan Kebenaran

Ormawa Undhari Sukses Gelar Public Speaking Class

1,311

Dharmasraya, www.gemaundhari.com. Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) yang dimotori oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMA Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia (PBSI), Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) Gema Undhari, UKM Literasi, English Student Asociation (ESA), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa Undhari, dan BEM Fakultas se-Undhari sukses menyelenggarakan kegiatan Public Speaking Class dengan mengangkat tema “Master of Ceremony: Tips dan Trik Terbaik untuk Pembawa Acara Profesional”. Diselenggarakan di lobi utama kampus Undhari, Kamis, (04/07/24)

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor III, Dr. Amar Salahuddin, M.Pd., Ego Cometra Presiden Mahasiswa, Wakil presiden mahasiswa Bem Km Undhari, Gubernur Bem Fakultas se- Undhari, Bupati Ketua Hima Prodi, dan Ketua UKM dan pengurus Ormawa, dan mahasiswa Undhari. Dr. Amar Salahuddin, M.Pd dalam sambutan dan memberikan pengantar, menyampaikan Public speaking merupakan keterampilan yang sangat penting bagi mahasiswa. Kemampuan ini berperan besar dalam membangun komunikasi efektif, meningkatkan kepercayaan diri, serta mempersiapkan karier di masa depan. “Selain itu, public speaking juga penting dalam advokasi dan kepemimpinan, menjadikan mahasiswa lebih siap dan mampu berperan aktif dalam berbagai aspek kehidupan.” Tegas Amar

Amar menambahkan kegiatan kali ini kegiatan awal dan nanti akan berkelanjutan dan berkesinambungan. “Bersama Ormawa Undhari kita siapkan Workshop Public Speaking dan Creative Writing, Dua skill ini adalah skill yang harus dikuasai dan dimiliki untuk menunjang perkembangan karier mahasiswa, jadi tidak hanya pelatihan biasa tapi bagaimana kita untuk menciptakan atau mencetak mahasiswa kita yang cakap dan terampil berbahasa lisan dan tulis.” Tambah Amar

Public Speaking Class ini menghadirkan pemateri Ari Yanti, S.Pd. yang merupakan seorang praktisi dan MC, dan juga merupakan Uni Duta Wisata Dharmasraya tahun 2019. Ari Yanti menyampaikan materi tips dan trik menjadi pembawa acara profesional, mulai dari pengertian dan tugas seorang pembawa acara (MC), syarat-syarat menjadi MC yang baik, teknik-teknik yang digunakan, serta hal yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh seorang MC. “Sebagai MC, kita adalah penguasa acara, pemandu acara, dan pengatur acara, maka kelancaran dan kesuksesan acara tergantung dengan bagaimana cara kita untuk mensukseskan acara itu sendiri” Papar Ari Yanti.

Selanjutnya, Dayu Astuti selaku panitia pelaksana, melaporkan kegiatan berlangsung sukses dan lancar yang diikuti 300 peserta dari semua Prodi se-Undhari. “Teman-teman mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir dan sesi tanya jawab.” Tutup Dayu. (Tim)

Leave A Reply

Your email address will not be published.