Gelanggang Mahasiswa: Suarakan Kebenaran

Filkom Undhari Sukses Gelar Festival Ilmu Komputer (FILTER) 2021

155

Dharmasraya, GemaUndhari.com., Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) menyelenggarakan Festival Ilmu Komputer (FILTER) dalam rangka peringatan Dies Natalis Filkom Undhari yang ke-6. Acara ini diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (BEM FILKOM) Undhari. Pembukaan dilaksanakan di Auditorium Dara Jingga kampus Undhari, Kamis (23/9/2021).

Kegiatan pembukaan dihadiri oleh Rektor Universitas Dharmas Indonesia, Dr. Gunawan Ali, M.Kom., Wakil Rektor II Universitas Dharmas Indonesia, Dr. Amar Salahuddin, M.Pd., Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Firmansyah Putra, S.Kom., M.Pd.T., Ketua Program Studi se-lingkungan Fakultas Ilmu Komputer, Dosen, dan Pengurus Ormawa se-lingkungan UNDHARI. FILTER dibuka secara langsung dengan pemukulan gong oleh Rektor Universitas Dharmas Indonesia, Dr. Gunawan Ali, M.Kom. FILTER akan dilaksanakan selama 3 hari, mulai tanggal 23-25 September 2021.

Dalam sambutannya, Rektor Undhari, Dr. Gunawan Ali, M.Kom mengungkapkan harapan-harapannya melalui kegiatan FILTER ini. “Saya harap melalui kegiatan FILTER ini akan menghasilkan lulusan yang memiliki karakter dan potensi dibidang ilmu komputer, dan mampu memberikan manfaat yang besar di masyarakat nantinya” tutur Gunawan.

Dekan Filkom Undhari Firmansyah Putra, S.Kom., M.PdT. juga menyampaikan pesan-pesannya kepada mahasiswa Filkom “Semoga kegiatan ini bisa menumbuhkan semangat anda semua. Kegiatan ini memiliki nilai-nilai tersendiri bagi kita semua, kita bisa mengembangkan kemampuan dibidang akademik dan non akademik. Semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir, dan kepada seluruh mahasiswa Filkom saya harap ikutilah kegiatan ini dengan baik, karena akan ada pengalaman yang anda dapatkan di sini yang belum tentu bisa didapatkan di dalam kelas pembelajaran”. Ungkap Firman.

Selanjutnya, Wakil Gubernur BEM FILKOM, Maydian Anjeli HD juga menyampaikan harapannya untuk kegiatan FILTER ini. “Kita berharap FILTER ini menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya bagi mahasiswa Filkom untuk mengasah bakat-bakat mahasiswa Filkom dan siswa/i SLTA sederajat, mudah-mudahan melalui kegiatan perdana Festival Ilmu Komputer ini bisa menjadi agenda wajib untuk BEM FILKOM periode selanjutnya, dan kami berharap kegiatan ini bisa berkembang sampai ke tingkat nasional bahkan internasiona” tutur Anjel.

Festival Ilmu Komputer ini adalah kegiatan keakraban untuk mahasiswa Filkom. Setelah kegiatan pembukaan dilanjutkan dengan lomba IT tingkat SLTA se-kabupaten Dharmasraya. Mulai dari desain logo, videografi, dan lomba mengetik 10 jari. Kegiatan keakraban yang dilakukan oleh mahasiswa Filkom antara lain adalah lomba estafet sarung, estafet balon, dan tebak gaya.

Malam puncak sekaligus penutupan Festival Ilmu Komputer ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 September 2021. Penyerahan hadiah untuk para pemenang lomba diserahkan secara langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Dosen Fakultas Ilmu Komputer, Gubernur FILKOM, Ketua Pelaksana, Presiden Mahasiswa, dan Komandan KSR PMI UNDHARI.

Adapun para pemenang lomba dalam acara FILTER tersebut adalah sebagai berikut:
Estafet sarung
Juara 1 kelompok 12
Juara 2 kelompok 9
Juara 3 kelompok 1
Estafet balon
Juara 1 kelompok 16
Juara 2 kelompok 9
Juara 3 kelompok 6
Tebak Gaya
Juara 1 kelompok 8
Juara 2 kelompok 5
Juara 3 kelompok 2
Lomba videografi
Juara 1 Arfi Yarif Candra SMKN 2 Pulau Punjung,
Juara 2 SMAN 2 Koto Baru, Juara lomba mengetik 10 jari, Anisa Rahmawati SMAN 2 Koto Baru, Lomba Desain Logo, Juara 1 Muhammad Arif Hidayat, MAS Alma’arif, Juara 2 Ibnu, Fajar Sofian SMAN 2 Koto Baru, Juara 3 Farhan Habibi SMKN 1 Sitiung, Harapan 1, Aditya Mahesa Putra SMKN 2 Pulau Punjung

Dekan Filkom Undhari
Firmansyah Putra, S.Kom., M.PdT. mengapresiasi sekaligus menutup secara resmi Festival Ilmu Komputer ini. “Saya mengapresiasi kepada seluruh panitia yang telah menyukseskan acara ini. Banyak nilai kerja keras, tanggung jawab, dan kekompakan disela-sela keterbatasan kita, sehingga kita mampu menyelesaikan acara ini. Selanjutnya, saya berharap jangan sampai antara senior dan junior tidak saling tegur sapa. Tunjukkan sikap sopan santun dan mengayomi, jagalah adab hubungan manusia dengan sang Khaliq, karena visi dan misi kita adalah memanusiakan manusia menjadi manusia yang berkarakter dan berakhlak mulia.” tutup Firman. (Tim)

Leave A Reply

Your email address will not be published.