Gelanggang Mahasiswa: Suarakan Kebenaran

Dekan FKIP Undhari Isi Pesantren Ramadan di Smansa Korea Dharmasraya

239

Dharmasraya, www.gemaundhari.com- Sekolah-sekolah pada bulan Ramadan melaksanakan pesantren Ramadan tidak terkecuali SMAN 1 Koto Salak atau yang lebih dikenal dengan Smansa Korea. Pesantren Ramadan yang dimulai sejak tanggal 7 April 2022 ini akan berlangsung sampai akhir masa sekolah di bulan suci Ramadan. Kali ini, Kamis (14/4/2022) Pemateri pada Pesantren Ramadan adalah Moh.Rosyid Mahmudi,M.Si. Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI)

Pada penyampaiannya yang bertemakan Keutamaan Salat Fardhu, Rosyid memaparkan bahwa pertama, salat merupakan ibadah utama yang akan dihisab pertama. Jika baik salatnya maka baik pula amalan yang lainnya. Kedua, Salat adalah tiang agama. Seseorang yang mendirikan salat maka ia mendirikan agamanya dan sebaliknya. Ketiga, Salat adalah pencegah perbuatan keji dan mungkar. “Sesungguhnya Salat dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar” dikutipnya dari Al- Qur’an Surat Al Ankabut ayat 45. Keempat, Salat adalah kunci sukses dunia akhirat.

Disela- sela penjelasannya Rosyid juga menekankan agar jangan pernah meninggalkan salat. Dosa besar bagi mereka yang meninggalkan salat. “Jika salatnya saja tidak terpelihara maka ia tidak akan memelihara apapun lainnya.” Tutur Rosyid

Pada kegiatan tersebut hadir kepala SMAN 1 Koto Salak, Dr. Nur Azizah, M.Si., yang didampingi oleh Wakepsek dan Guru.
Acara ini dimoderatori oleh seorang guru yang juga merupakan salah seorang alumnus Undhari, Abdi Hamdani.

Pesantren Ramadan adalah wadah bagi siswa untuk meningkatkan ilmu agama.
Selain mendengar ceramah, kegiatan pesantren Ramadan diisi dengan kegiatan setoran hafalan untuk meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa. Kegiatan ini langsung dikomandoi oleh masing-masing guru wali kelas. (Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.