Gelanggang Mahasiswa: Suarakan Kebenaran

Bentuk Karakter dan Jiwa Pancasila, SD Negeri 03 Koto Salak Selenggarakan Muhadaroh

151

Dharmasraya, www.gemaundhari.com., Sekolah Dasar (SD) Negeri 03 Koto Salak Dharmasraya melaksanakan kegiatan rutin mingguan, yaitu Muhadaroh (Kultum) sebelum memulai kegiatan pembelajaran di sekolah. Muhadaroh dilaksanakan di pendopo lapangan upacara SD Negeri 03 Koto Salak dan diikuti oleh siswa siswi dari kelas 1 sampai kelas 6 beserta kepala sekolah dan majelis guru, Jumat (05/08/2022).

Yulma Refianti, S.Pd., kepala sekolah SD Negeri 03 Koto Salak, menyebutkan bahwa muhadaroh ini adalah muhadaroh pertama yang dilaksanakan setelah libur semester genap sebelumnya. “Muhadaroh ini adalah kegiatan rutin setiap pagi Jumat, dan muhadaroh pagi ini adalah muhadaroh pertama setelah libur semester genap kemarin” ungkap Refi.

Beliau juga berharap karakter dan jiwa Pancasila siswa-siswi SD Negeri 03 Koto Salak akan terbentuk melalui kegiatan ini. “Semoga melalui muhadaroh ini, terwujudnya siswa yang mandiri, cinta agama, dan rajin beribadah, serta makin menunjukkan jati diri sebagai generasi bangsa yang berkarakter dan berjiwa Pancasila” tambahnya.

Adapun yang bertugas pada hari ini adalah siswa siswi kelas 5. Rangkaian kegiatan Muhadaroh terdiri dari pembukaan, pembacaan ayat pendek, pembacaan Asmaul Husna, pidato, salawat, dan pengarahan dari guru.

Siswa- siswi SD Negeri 03 Koto Salak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Walaupun berada di ruangan terbuka dan harus membawa kursi dari kelas masing-masing, mereka tetap semangat mengikuti setiap rangkaian kegiatan muhadaroh sampai selesai. Dan pada akhir kegiatan dilakukan pengumpulan infak di kelas masing-masing. (red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.