Gelanggang Mahasiswa: Suarakan Kebenaran

Annisa Mahasiswa Undhari, Duta Kosmetik Aman Terbaik Loka POM Dharmasraya Gelar KIE

539

Dharmasraya, www.gemaundhari.com, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Dharmas Indonesia (BEM Undhari) melalui BEM Fakultas Ilmu Kesehatan bekerjasama dengan Duta Kosmetik Aman Dharmasraya menggelar acara Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) dengan tema “Cerdas Memilih Kosmetik yang Aman” Di ruang C1.4 gedung kampus (22/10.)

Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Duta kosmetik aman terbaik Loka POM Dharmasraya tahun 2022 Annisa Nurul Karimah dengan moderator Elvina Deviyanti Gubernur BEM FIKES Undhari 2022.

Dalam penyampaian materi oleh Annisa tentang kosmetik aman yang bertujuan untuk mengedukasi dan menginformasikan kepada khalayak umum tentang penggunaan kosmetik yang aman serta kosmetik yang berbahaya untuk digunakan pada tubuh manusia.

“Kosmetik merupakan kebutuhan setiap individu. Kosmetik bukan hanya tentang make up, akan tetapi merupakan bahan atau sediaan yang digunakan pada bagian luar tubuh manusia, seperti Epidermis (kulit), rambut, mata, kuku, gigi, dan organ genital bagian luar tubuh lainnya yang berfungsi untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan, memperbaiki bau badan, dan melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi baik. Karena kosmetika tidak bersifat mengobati/mencegah penyakit apalagi membuat kulit menjadi putih secara instan” Jelasnya.

Annisa juga menegaskan suatu produk bukan dikatakan kosmetik apabila dapat menyembuhkan atau mengobati. “Misalnya, ada suatu produk kosmetika seperti lotion yang dapat mengobati luka atau menghilangkan bekas luka, itu bukan kosmetik, melainkan obat. Karena kosmetika tidak memiliki fungsi untuk mengobati” Tegasnya.

Setelah itu, Annisa juga mengungkapkan untuk memastikan suatu produk sudah ber BPOM, Aplikasi BPOM Mobile bisa menjadi solusi. Berbagai macam fitur yang terdapat pada BPOM Mobile dapat mempermudah pengguna untuk mengecek produk yang telah memiliki lisensi dari BPOM RI. Dengan cara scan produk yang memiliki kode QR/2D Barcode menggunakan BPOM Mobile, atau bisa juga langsung mengakses website http://cekbpom.po.go.id

Kegiatan diikuti oleh 55 orang peserta yang merupakan Mahasiswa Universitas Dharmas Indonesia dari berbagai program studi. Kartika Edriyanti peserta KIE mengapresiasi kegiatan yang sangat mengedukasi dan menarik tersebut. “Saya dan teman-teman lainnya sangat teredukasi, mulai kedepannya kami akan berhati-hati memilih kosmetik biar aman sesuai apa yang kita diskusikan tadi,” pungkasnya. (MSA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.