Gelanggang Mahasiswa: Suarakan Kebenaran

Wujudkan Generasi Berjiwa Pemimpin dan Berkarisma BEM FKIP Undhari Gelar LKMM-TD

237

Dharmasraya, www.gemaundhari.com., Dalam rangka membentuk mahasiswa berjiwa pemimpin yang berkarisma di dunia pendidikan dan masyarakat, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) menggelar Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) di Auditorium Dara Jingga kampus Undhari, Minggu (26/06/2022).

Dihadiri oleh Wakil Rektor III UNDHARI, Dr. Amar Salahuddin, M.Pd., Pengurus ORMAWA, dan mahasiswa FKIP Undhari. Dalam sambutannya Gubernur BEM FKIP Undhari, Dodi Ilhamsah menyatakan bahwa LKMM-TD ini adalah suatu bentuk ajang dalam memanfaatkan waktu libur untuk menuntut ilmu. “LKMM-TD ini adalah Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar yang ditujukan agar mahasiswa belajar menjadi aktivis kampus, yang dilaksanakan pada saat libur perkuliahan. Diharapkan teman-teman mahasiswa dapat memanfaatkan waktu liburan dengan kegiatan yang bermanfaat, salah satunya mengikuti kegiatan LKMM-TD ini.” Tutur Dodi.

Mahasiswa FKIP Undhari sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Peserta berasal dari mahasiswa FKIP Undhari mulai dari tahun masuk angkatan 2018 sampai tahun angkatan 2021. LKMM-TD ini dilaksanakan selama 3 hari, yaitu pembukaan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 26 Juni 2022 sampai hari Selasa, 28 Juni 2022. Bukti keikutsertaan dalam LKMM-TD ini akan menjadi syarat pendamping tugas akhir mahasiswa FKIP Undhari.

Wakil Rektor III Undhari Dr. Amar Salahuddin, M.Pd. juga mengungkapkan bahwa sebagai organisatoris, kita harus memulainya dari bawah. “Organisasi adalah wadah bagi kita untuk mencapai tujuan bersama, organisasi sebagai pembelajaran dan eksperimen sebelum memasuki dunia nyata. LKMM ini adalah suatu bentuk pengetahuan dalam keterampilan manajerial dan keterampilan tingkat tinggi yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Kesuksesan berasal dari 80% softskill yang diperoleh dari organisasi, mahasiswa tidak hanya menjalankan tugas perkuliahan akan tetapi juga harus bisa menjalankan tugasnya sebagai seorang aktivis.” Ungkap Amar.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan hiburan dan penyampaian materi oleh pemateri. Materi dalam LKMM-TD kali ini terdiri dari Motivasi, Ilmu Komunikasi, Tolak Ukur Keberhasilan, Kepemimpinan, Manajemen Administrasi, Pengembangan Program Kerja, dan perumusan gagasan awal. Melalui LKMM-TD ini, besar harapan terbentuknya mahasiswa FKIP Undhari yang berjiwa pemimpin, organisatoris, dan mampu mengembangkan keterampilannya di dunia kerja nantinya. (Tim)

Leave A Reply

Your email address will not be published.