Gelanggang Mahasiswa: Suarakan Kebenaran

UKM PSHT Undhari Adakan Ujian Tes Kenaikan Sabuk: Siap Ciptakan Warga yang Berkualitas

204

Dharmasraya, www.gemaundhari.com, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Komisariat Universitas Dharmas Indonesia (Undhari) adakan Ujian Tes Kenaikan sabuk (UTK) dari polos (hitam) ke jambon (merah muda) bersama PSHT Rayon SMK N 1 Koto Baru dan PSHT Cabang Koto Baru, Dharmasraya. Bertempat di Lapangan SMKN 1 Koto Baru pada Minggu (04/12/2022).

Dihadiri oleh UKM PSHT Komisariat Undhari, Dian Estu Prasetyo, M.Pd., Pembina PSHT Rayon SMKN 1 Koto Baru, Budi Gunawan, M.Pd., perwakilan pengurus cabang PSHT Dharmasraya dan seluruh warga PSHT Dharmasraya termasuk siswa PSHT yang akan melaksanakan tes kenaikan sabuk.

Dian Estu Prasetyo, M.Pd. selaku pembina UKM PSHT Komisariat Undhari berharap anggota SH Terate Komisariat Undhari bisa semangat bekerjasama guyup rukun dalam mengabdi mengemban amanah organisasi. “Semoga seluruh anggota SH Terate bisa memajukan kampus Undhari, melestarikan budaya bangsa yaitu pencak silat sebagai warisan leluhur bangsa Indonesia. Mudah-mudahan SH Terate Komisariat Undhari maju dan berkembang mengikuti perkembangan zaman tanpa pengaruh arus global” tutur Dian.

PSHT sebagai wadah pencak silat resmi yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia bertujuan mendidik manusia berbudi luhur, mengetahui yang hak dan yang batil, serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tes kenaikan sabuk ini bermaksud untuk mengevaluasi seluruh siswa dan pelatih agar mengatahui kemampuan dan perkembangan siswa.

Nanda Ananta, salah satu warga PSHT sekaligus Ketua Komisariat (PK) Undhari mengatakan bahwa jumlah siswa yang mengikuti tes kenaikan sabuk hari ini berjumlah 21 orang. “Semoga PSHT menjadi wadah yang baik bagi setiap insan agar berguna bagi bangsa dan dunia, serta dapat melestarikan warisan asli Indonesia” tegas Nanda.

“Selain tes kenaikan sabuk ini, kedepnnya kami juga akan mengadakan SH Cup tingkat SLTA se-Sumbar, Riau dan Jambi sebagai salah satu program mercusuar UKM PSHT yang dapat mempromosikan Undhari kepada masyarakat luas melalui pencak silat” tambahnya.

Budi Gunawan, M.Pd. selaku pembina PSHT Rayon SMK N 1 Koto Baru juga menyampaikan menyampaikan siswa PSHT harus mampu menjaga nama baik organisasi, menjadi manusia rendah hati, serta berguna dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. (JDP)

Leave A Reply

Your email address will not be published.