Gelanggang Mahasiswa: Suarakan Kebenaran

Racana Dara Jingga – UKM Pramuka Undhari : Ikut Menyukseskan Giat PERJUSAMI Ponpes Nurul Iman Sitiung Dharmasraya

331

Dharmasraya, gemaundhari.com, Racana Dara Jingga, Gerakan Pramuka Gugus Depan (Gudep) Dharmasraya 04.029-04.030 berpangkalan pada Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) ikut menyukseskan kegiatan Perkemahan Jumat, Sabtu, dan Minggu (PERJUSAMI) Gudep Pramuka Pondok Pesantren Nurul Iman (PPNI) yang diadakan di bumi perkemahan Pisang Rebus Nagari Sitiung Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatra Barat, Sabtu (13/2/2021)

Acara penutupan Perjusami ini diawali dengan proses upacara api unggun, sebagai Pembina upacara api unggun kak Fahrurrozi, M.Pd., AIFO.

Fahrurrozi pada amanatnya menyampaikan Api Unggun ini bukan ritual khusus atau menyembah api, tapi api unggun adalah lambang semangat yang berkobar para generasi muda cikal kelapa. “Semoga kita yang hadir di sini, adik-adikku para generasi muda generasi penerus, senantiasa selalu menjadi generasi muda yang mempunyai semangat yang berkobar untuk berkarya dan berbuat baik” harap Rozi

Tampak hadir pada upacara api unggun, kepala sekolah selaku Kamabigus, mabigus, pembina, beserta jajarannya, Wali Nagari Sitiung, Wali jorong, ketua pemuda, dan tokoh masyarakat, saka Pariwisata Kwarcab Dharmasraya, dan juga ketua gudep pramuka Undhari beserta pengurus dan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Undhari

Setelah pelaksanaan api unggun, Wali Nagari Sitiung memberikan arahan dan motivasinya. Kemudian ketua Gudep Pramuka Undhari diminta memberikan arahan motivasi juga kepada peserta Perjusami

Kak Dr. Amar Salahuddin, M.Pd Wakil Rektor II Undhari selaku Ketua Gudep Pramuka Undhari menyampaikan apresiasi dan selamat, sukses atas terlaksananya kegiatan Perjusami oleh Gudep Pramuka Ponpes Nurul Iman. “Kita bangga dengan Gudep Ponpes Nurul Iman ini, salah Gudep yang rutin dan konsisten berkegiatan, aktif dan produktif di Kwaran Sitiung dan Kwarcab Dharmasraya, semoga dapat dicontoh juga bagi gudep-gudep yang ada di Sitiung maupun Dharmasraya” kata Amar.

Amar juga menambahkan, bahwa tujuan pramuka adalah perubahan sikap seorang pramuka ke arah yang lebih baik. “Di pramuka adik-adik ditempa, dibina, digembleng dengan kegiatan yang menarik, menyenangkan, dan menantang, kegiatan pramuka dapat membentuk karakter, kegiatan Perjusami ini akan bermanfaat untuk melatih ketangkasan fisik serta kecakapan motorik. Semoga adik-adik selalu semangat berkegiatan pramuka, dan menjadi pramuka yang hebat, tangguh, disiplin serta menjadi teladan dilingkungan adik-adik masing- masing” Ucap Amar.

Pemangku adat Racana Dara Jingga Pramuka Undhari Herianto Silalahi didampingi Ketua Racana Dara Jingga UKM Pramuka Undhari Nanda Wijaya Saputra juga mengapresiasi kegiatan yang digelar Gudep Ponpes Nurul Iman. “Luar biasa penyelenggaraan Perjusami yang digelar oleh Gudep Ponpes Nurul Iman, kita senang dan bangga bisa hadir di malam api unggun ini, ikut menyukseskan giat ini, walau sebentar mengunjungi kegiatan, banyak pengalaman dan ilmu yang dapat kita ambil dari kegiatan ini, semoga bumi kita ini segera membaik, dan wabah covid-19 ini segera sirna, berlalu, dan kita kembali berkegiatan dan berkarya.” tutur Heri. (Yulita)

Leave A Reply

Your email address will not be published.