Gelanggang Mahasiswa: Suarakan Kebenaran

PEMIRA KM Undhari Sukses Digelar, Inilah Wajah Baru Pimpinan Ormawa Undhari

388

Dharmasraya, www.gemaundhari.com.,
Pemilihan Umum Raya Mahasiswa (PEMIRA) merupakan sebuah mekanisme demokrasi kampus yang diselenggarakan di berbagai perguruan tinggi, termasuk di Universitas Dharmas Indonesia (Undhari). Undhari telah sukses menggelar PEMIRA kedua yang diselenggarakan oleh KPU-R (Komisi Pemilihan Umum Raya) Undhari, diawasi oleh Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) dan ditinjau langsung oleh Ketua DPM beserta jajarannya, Sabtu (15/10/22).

PEMIRA ini diawali dengan pendaftaran bakal calon melalui  pendaftaran online pada tanggal 8-11 Oktober 2022 pukul 08.00 – 15.00 WIB, diikuti dengan penyerahan berkas pada tanggal 8-11 Oktober pukul 08.00 – 16.15 WIB sekaligus penetapan dan pengambilan nomor urut setiap calon.

Berdasarkan data yang diperoleh dari KPU-R UNDHARI, adapun pasangan calon yang akan bersaing pada PEMIRA kali ini adalah M. Iqbal Syafutra dan Randika Saputra sebagai calon Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa BEM KM Undhari, Muhammad Endrik – Muhammad Ikrar Islami dan Musliadi – Erva Nuri Saputri sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur BEM FKIP, Sandi Laya – Harris Wahyudi dan Nanda Arfalia Putra – Nada Pusva sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur BEM FILKOM, Al Rafis-Anita sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur BEM FHEB, Elvina Deviyanti – Anggun Sepiana sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur BEM FIKES. Dari paslon yang telah terdata, pemungutan suara hanya dilakukan untuk BEM FKIP yang memiliki 2 paslon, karena salah satu Paslon dari BEM FILKOM digugurkan akibat melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh KPU-R sehingga BEM FILKOM akhirnya hanya memiliki Paslon tunggal.

Pemungutan suara dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022 yang berlangsung dari pukul 08.00-14.00 WIB dilanjutkan dengan penghitungan suara dan sidang pleno penetapan Paslon terpilih. “KPUR dan Bawaslu juga melakukan pengecekan dan penertiban selama proses pencoblosan berlangsung yang turut ditinjau oleh Ketua DPM hingga pencoblosan dan perhitungan suara selesai” tutur Maydian Anjeli HD sebagai Ketua KPU-R yang sebelumnya merupakan Gubernur BEM FILKOM periode 2022.

Melalui sidang pleno yang dilaksanakan di ruang 1.7 ditetapkan pasangan M. Iqbal Syafutra – Randika Saputra sebagai Presiden dan Wakil Presiden BEM KM Undhari. Untuk tingkat fakultas ditetapkan Muhammad Endrik – Muhammad Ikrar Islami sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur BEM FKIP, Sandi Laya – Haris Wahyudi sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur BEM FILKOM, Al Rafis-Anita sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur BEM FHEB, Elvina Deviyanti – Anggun Sepiana sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur BEM FIKES.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Kerjasama Alumni dan Humas Undhari, Dr. Amar Salahuddin M.Pd melalui Tenaga Ahli Bidang Kemahasiswaan dan Ormawa Ilham Asmaryadi M.Pd mengungkapkan bahwa pelaksanaan Pemira tahun ini berjalan aman damai dan sukses. “Alhamdulillah pesta demokrasi mahasiswa Undhari berjalan dengan sukses, dan kami mengucapkan selamat kepada calon yang terpilih kami akan segera memproses SK untuk pelantikan pengurus BEM periode 2022-2023.” ujar Ilham.

Sementara itu Presiden BEM terpilih Muhammad Iqbal Syafutra dalam keterangan tertulisnya mengungkapkan perasaan bahagia disertai haru setelah ditetapkan sebagai Presiden Mahasiswa BEM Undhari. “Saya merasa bahagia dan terharu karena apa yang diinginkan tercapai menjadi orang nomor 1 di BEM Undhari apalagi pada tahun kemaren sempat gagal.” ungkap Iqbal.

Mahasiswa program S1 Manajemen kelahiran Kerinci ini menambahkan bahwa mereka akan menjalankan organisasi BEM secara maksimal. “Di periode kami ini kami bertekad untuk menunjukkan kinerja BEM KM Undhari lebih maju dari sebelumnya, dengan program kerja yang mampu mendongkrak prestasi mahasiswa dan tentunya berlandaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi.” tutup Iqbal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.