Gelanggang Mahasiswa: Suarakan Kebenaran

Sosialisasi Beasiswa KIP Kuliah: UNDHARI Kunjungi SMK Budi Luhur Rimbo Ilir dan SMA N 19 Tebo

335

Tebo, Gemaundhari.com, Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) melakukan sosialisasi beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) ke SMA/SMK/MA di daerah sekitar UNDHARI. SMK Budi Luhur dan SMA N 19 Tebo mendapatkan kesempatan itu hari ini Selasa (2/2/2021)

Dahulu faktor penghambat utama seseorang dari keluarga tidak mampu untuk kuliah adalah biaya. Besar biaya kuliah adalah momok bagi mereka. Impian kuliah hanyalah tinggal impian. Itulah kondisinya dahulu.

Namun kini, pemerintah memberikan jalan bagi mereka untuk mencerdaskan dan memberi peluang yang sama bagi semua warga negara untuk kuliah. Baik dari ekonomi mampu maupun yang kurang mampu. Sebagai pelaksana Undang-Undang pemerintah wajib untuk membuka jalan kuliah bagi mereka yang kurang mampu. Karena itulah diluncurkannya program beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah).

Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) yang merupakan kampus terbesar di wilayah Selatan Sumatra Barat dan provinsi tetangga juga mendapatkan program KIP Kuliah dari pemerintah. Ini menunjukkan UNDHARI adalah kampus yang tepercaya dan memiliki kredibilitas yang sangat baik bahkan berdasarkan jumlah tahun 2020 UNDHARI mendapat kuota KIP Kuliah 184 mahasiswa. Ini merupakan kuota terbanyak untuk PTS se Dharmasraya, Bungo, Tebo, Merangin, Kuantan Singingi dan Sawahlunto maupun Sijunjung.

Tim yang hadir langsung dipimpin oleh Wakil Rektor III, Moh Rosyid Mahmudi, M.Si beserta Tim kemahasiswaan yaitu Andiyanto, M.Pd dan Eka Filahanasari, M.Pd. Selain itu ikut bersama rombongan Ketua Program Studi PGSD, Muhammad Subhan, M.Pd dan Ketua Program Studi Penjaskesrek, Dian Estu Prasetyo, M.Pd serta didampingi oleh dosen, Dwi Winarti, M.Kom, Fitri Handayani, M.Pd, dan Wiwik Okta Susilawati, M.Pd

Selain itu, sosialisasi ini juga merupakan pengabdian masyarakat yang bertujuan memberikan motivasi agar semua lulusan sekolah menengah atas mau untuk kuliah.

Kepala SMK Budi Luhur, Eka Purwaningsih, S.Pd mengungkapkan bahwa program KIP Kuliah sangat diharapkan. “Kami berharap kuota KIP Kuliah ini semakin banyak, tahun 2020 ini ada 3 mahasiswa kami yang kuliah di UNDHARI dengan KIP Kuliah” kata Eka.

Sementara itu, kepala SMA N 19 Tebo, Watono, S.Pd mengatakan bahwa saat ini jalan untuk kuliah sangatlah mudah. “Dulu selain biaya yang menjadi kendala, keadaan dan pilihan kuliah juga sangat sulit. Tidak seperti sekarang jalan kuliah sangat terbuka lebar. Saat ini asalkan mau pasti bisa kuliah” kata Watono sambil mengenang masa kuliahnya dulu.

Sejalan dengan hal itu Subhan dan Dian Estu juga menekankan pentingnya kuliah di era sekarang ini. “Contohlah kakak kelas yang sudah sukses saat ini, semua mereka mulai dengan kuliah” sebut Subhan. “Semua minat dan bakatmu akan bisa lebih terasah dan terarah dengan kuliah” tambah Dian Estu menguatkan.

Di akhir pemaparan tim, Rosyid selalu meminta agar para siswa memantapkan hati untuk kuliah. “Bermimpilah untuk kuliah dan kuliahlah agar kalian bisa menghadapi dunia” ujar Rosyid. (MRM)

Leave A Reply

Your email address will not be published.