Gelanggang Mahasiswa: Suarakan Kebenaran

Prodi Pendidikan Profesi Bidan FIKES Undhari Gelar Pengabdian Masyarakat di Puskesmas Tanah Sepenggal Lintas dan Rantau Ikil

120

Dharmasraya, www.gemaundhari.com, Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Tingkatkan Kualitas Pendidikan Profesi Bidan melalui Coaching kepada Masyarakat.” Kegiatan ini berlangsung di wilayah kerja Puskesmas Tanah Sepenggal Lintas, Kabupaten Bungo Provinsi Jambi, Selasa dan dilanjutkan pada Rabu (7/6/2024), di wilayah kerja Puskesmas Rantau Ikil.

Acara ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Bdn. Evin Noviana Sari, S.ST, M.Keb, Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Bidan, Bdn. Eni Yuliawati, S.Tr.Keb, M.KM, dosen kebidanan, dan seluruh mahasiswa pendidikan profesi bidan. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program komunitas mahasiswa pendidikan profesi bidan yang menyoroti dua masalah utama yakni Kekurangan Energi Kronik (KEK) pada ibu hamil dan anemia pada ibu hamil.

Dalam pengabdian ini, para mahasiswa dan dosen memberikan coaching kepada masyarakat tentang pentingnya gizi seimbang selama kehamilan untuk mencegah KEK dan anemia. Mereka juga memberikan penyuluhan mengenai pola makan yang sehat, pentingnya suplemen zat besi, dan cara-cara lain untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Bdn. Evin Noviana Sari, SST, M.Keb, menyatakan, Kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan profesi bidan sekaligus memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. “Melalui coaching ini, kami berharap dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat dan praktis untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Tanah Sepenggal Lintas dan Puskesmas Rantau Ikil.” Harap Evin

Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Bidan, Bdn. Eni Yuliawati, S.Tr.Keb, M.KM, menambahkan, “Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini tidak hanya menjadi ajang praktik bagi mahasiswa, tetapi juga sebagai bentuk tanggung jawab sosial kita sebagai tenaga kesehatan untuk turut serta dalam mengatasi permasalahan kesehatan di masyarakat.”Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan selama kehamilan dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan ibu hamil di wilayah tersebut.” Pungkas Eni. (Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.