Gelanggang Mahasiswa: Suarakan Kebenaran

MENYULAM IMPIAN DI JALAN PENDIDIKAN

434

Oleh: Dayu Astuti
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Undhari

www.gemaundhari.com,
Impian adalah bintang yang memandu langkah-langkah saya di dalam kegelapan, memancarkan cahaya harapan orang tua yang tak pernah pudar. Setiap insan memiliki impiannya sendiri. Seperti benang-benang warna warni yang saling bersilang, menciptakan kisah kehidupan yang indah. Namum, impian tidaklah cukup tanpa jalan yang tepat untuk mewujudkannya. Inilah peran pendidikan sebagai jalan yang memungkinkan saya untuk menyulam impian dan penuh keyakinan dan keberanian ini.

Pendidikan bagi saya bukan hanya sekedar tempat untuk memperoleh pengetahuan dan keterampila, tetapi juga sebagai tempat di mana saya dapat menemukan identitas dan misi hidup saya. Di sinilah proses penyulam impian saya dimulai. Ketika saya memasuki dunia pendidikan. Saya membawa bersama dengan impian dan harapan orang tua saya yang mungkin belom terdefinisikan dengan jelas. Namun, melalui proses demi proses pembelajaran eskplorasi diri, dan interaksi dengan lingkungan belajar, impian tersebut mulai mengemuka dan tersusun seperti pola-pola indah dalam kain yang sedang disulam.

Setiap babak pendidikan memberikan pelajaran berharga dan memperkuat benang-benang impian saya. Mulai dari tahap-tahap awal seperti Diklat Dasar Pramuka yang mengajarkan kebersamaan, kepemimpinan, dan keberanian, hingga jenjang pendidikan yang lebih tinggi yang menuntut ketekunan, dedikasi dan kerja yang tak kenal lelah, setiap tantangan, kegagalan, dan keberhasilan adalah bagian dari proses penyulam impian saya.

Setiap orang memiliki impian masing-masing, seperti bunga-bunga yang bersemi di tengah padang yang gersang. Namum, tanpa adanya jalan yang benar-benar membimbing, impian itu mungkin hanya akan terapung-apung tanpa arah jalan yang jelas. Pendidikan hadir sebagai jalan yang membawah saya melangkah lebih dekat menuju impian-impian saya itu.

Bagi saya pendidikan adalah jalan untuk mencapai cita-cita yang terangkai dalam mimpi-mimpi masa kecil. Bagi yang lain, mungkin pendidikan adalah sarana untuk mengubah nasib dan melampaui batas-batas yang menghalangi impian mereka. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa proses menyulam impian di jalan pendidikan tidak selalu mudah, terkadang, saya harus melalui liku-liku yang sulit, mengahadapi tantangan demi tantangan yang menguji ketahanan dan keberanian saya.

Namun, di tengah semua itu, pendidikan juga memberikan peluang dan ruang untuk berkembang. Melalui pendidikan, saya dapat menemukan bakat-bakat terpedam mengksplorasi minat dan passion, dan memperluas wawasan serta pemahaman tentang dunia dan lingkungan di sekitar saya. Inilah yang membuat jalan pendidikan begitu berharga dan penuh makna bagi setiap insan.

Pendidikan bukanlah akhir dari segalanya, namun melainkan awal dari perjalanan panjang menuju pencapain impian. Proses menyulam impian di jalan pendidikan mengajarkan saya tentang ketekunan, ketabahan, dan ketulusan. Di setiap simpul yang saya ikat, di setiap benang yang saya Tarik, tersemat harapan-harapan yang besar yang setiap mekar menjadi kenyataan.

Namun, di balik keindahan proses itu, terdapat banyak berbagai rintangan dan ujian yang harus dihadapi. Mulai dari kesulitan belajar, tekanan sosial dan ekonomi yang mungkin menghalangi langkah saya. Namun, tidak ada mimpi yang terlalu besar untuk dikejar, dan tidak ada rintangan yang terlalu sulit untuk saya lewati jika saya memiliki tekad dan keyakinan yang kuat untuk mengejar mimpi-mimpi itu.

Pendidikan juga mengajarkan saya tentang pentingnya ketekunan dan ketabahan. Di tengah kesibukan dan tekanan, saya diajarkan untuk tetap fokus pada tujuan saya, mengelola waktu dengan bijak dan belajar dari setiap kegagalan yang saya alami. Sebab, sesungguhnya, mimpi-mimpi itu adalah bahan bakar yang mendorong saya untuk terus maju, bahkan ketika segalanya terasa sulit bagi saya.

Melalui pendidikan, saya juga diberikan kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang yang hebat yang dapat menjadi mento saya dalam menyulam mimpi-mimpi tersebut. Guru, teman-teman, dan lingkungan belajar lainya memberikan dukungan, inspirasi, dan motivasi yang sangat dibutuhkan dalam perjalan ini.

Pendidikan bukanlah sekedar proses akademis bagi saya, tetapi sebuah perjalanan yang membentuk saya menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan siap menghadapi dunia dengan segala kompleksitasnya. Pendidikan adalah jalan yang membawa saya sari titik awal yang sederhana menuju puncak-puncak impian yang saya cita-citakan. Dan pada akhirnya melalui proses ini, saya belajar bahwa impian yang saya sulam dengan kesabaran , ketekunan, dan kasih sayang akan menjadi mahakarya untuk kehidupan saya yang tak ternilai harganya. (Editor: AS)

Leave A Reply

Your email address will not be published.