Gelanggang Mahasiswa: Suarakan Kebenaran

Hima Prodi PGPAUD FKIP Undhari Gelar Seminar Tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Fase Fondasi (PAUD)

179

Dharmasraya, www.gemaundhari.com, Himpunan Mahasiswa Program Studi (Hima Prodi) Pendidiman Guru- Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) mengadakan seminar bertema “Implementasi Kurikulum Merdeka Fase Fondasi (PAUD), Kamis, (6/6/2024). Seminar ini menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya, yaitu dr. Reni Wartati, Rifta Heti, S.Pd, dan Sri Yunimar Ningsih, M.Pd.

Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan program studi PG- PAUD serta menjadi wadah dalam penerapan dan pemahaman kurikulum Merdeka Fase Fondasi. Kegiatan ini dihadiri oleh guru-guru PAUD dari Kabupaten Dharmasraya serta seluruh mahasiswa PG PAUD FKIP Undhari

Seminar dibuka oleh Wakil Rektor 1 UNDHARI Wulan Andang Purnomo, M.Kom, dihadiri oleh Desi Sasmita, S.Pd dari Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya, Ketua Program Studi PG PAUD FKIP Undhari Sri Yunimar Ningsih, M.Pd, serta seluruh dosen program studi PGPAUD FKIP UNDHARI.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor 1 Wulan Andang Purnomo, M.Kom menyatakan, Seminar ini penting untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi mahasiswa serta guru PAUD dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka Fase Fondasi, yang berfokus pada pembelajaran yang berpusat pada anak dan sesuai dengan cara belajar anak usia dini.

Sementara itu, Ketua Program Studi PG PAUD FKIP Undhari, Sri Yunimar Ningsih, M.Pd, menambahkan, “Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan pengurus dan anggota Hima Prodi dalam mengelola kegiatan pengabdian, serta memperkuat kerjasama antara Prodi PG PAUD, Dinas Pendidikan, dan Himpaudi untuk memajukan pendidikan anak usia dini di Dharmasraya.” Papar Ningsih

Narasumber dalam seminar ini membahas berbagai aspek penting dari implementasi kurikulum Merdeka Fase Fondasi, termasuk strategi pembelajaran yang berdiferensiasi, berpusat pada anak, dan sesuai dengan kebutuhan anak usia dini. Mereka menekankan pentingnya memberikan stimulasi yang tepat pada anak di masa emas perkembangannya.

Dengan adanya seminar ini, diharapkan kompetensi guru PAUD dan pemahaman mahasiswa tentang Kurikulum Merdeka Fase Fondasi (PAUD) dapat meningkat, sehingga mereka dapat memberikan pendidikan yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan anak usia dini. Semoga Hima Prodi PG PAUD FKIP UNDHARI terus dapat berkontribusi, Prodi PG PAUD semakin maju, serta dapat memfasilitasi pengembangan kompetensi guru-guru PAUD dan mencetak calon guru PAUD yang kompeten, profesional, dan berkarakter. (Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.