Gelanggang Mahasiswa: Suarakan Kebenaran

Field Study Mahasiswa Undhari ke Pabrik Coklat Chokato Kota Payakumbuh

582

Payakumbuh, gemaundhari.com, mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) melaksanakan kuliah lapangan ke pabrik coklat ‘Chokato’ yang beralamat di Kelurahan Kapalo Koto Ampangan Kecamatan Payakumbuh Selatan Kota Payakumbuh Provinsi Sumatra Barat (21/3/2021)

Kegiatan kuliah lapangan mahasiswa PGSD FKIP Undhari didampingi langsung Wakil Rektor II Undhari yang sekaligus dosen pengampu mata kuliah Dr. Amar Salahuddin,M.Pd., Andisa Putra, dan Gingga Prananda, M.Pd. dan diikuti sebanyak 88 mahasiswa

Amar Salahuddin menjelaskan kegiatan kuliah lapangan ke Kota Payakumbuh khususnya ke pabrik coklat Chokato dilaksanakan dalam bentuk kunjungan ke tempat usaha. Bentuk kegiatan berupa diskusi dengan penanggung jawab Pabrik Coklat, meninjau usaha pengolahan coklat, dan melihat dari dekat kondisi usaha.

“Kami berharap semoga kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman dan wawasan mahasiswa kami terutama bidang kewirausahaan. Dan semoga melalui kegiatan kuliah lapangan ini, maka jiwa kewirausahaan mahasiswa Undhari semakin tinggi sehingga mampu membuat ide-ide baru, kreasi, dan inovasi baru dan mampu bergerak menjalankan kegiatan di semua lini usaha.” harap Amar

Di Pabrik Coklat Chokato rombongan Undhari disambut oleh Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh Andiko Jumarel dan Joni Saputra selaku penanggung jawab pabrik coklat Chokato. Joni Saputra menyampaikan pabrik coklat chokato adalah milik kelompok usaha tani, yang berada di kelurahan Kapalo Koto Ampangan,”kami beri nama Chokato karena nama daerah ini adalah Kapalo Koto, jadi Chokato itu coklat Kapalo Koto” jelas Joni.

Selanjutnya penanggung jawab pabrik Coklat “Chokato” Joni Saputra menjelaskan dengan sangat detail dan bersemangat tentang usaha pengolahan kakao menjadi coklat yang dijalani masyarakat Kapalo Koto dan menjawab dengan lugas setiap pertanyaan yang ditanyakan oleh mahasiswa. Setelah diskusi mahasiswa diajak untuk meninjau pengolahan coklat ‘Chokato.’ Bapak Ibuk Dosen serta mahasiswa Undhari pun sangat antusias mengikuti kegiatan yang dilakukan ini.

Putri Melisa didampingi Randika Saputra Ketua Kelas PGSD C perwakilan mahasiswa PGSD FKIP Undhari yang mengikuti kuliah lapangan ikut memberi komentar terkait pelaksanaan kuliah lapangan yang dilaksanakan, dari kegiatan ini kami mendapatkan banyak wawasan, pengetahuan, dan motivasi yang banyak, antara lain di tentang proses pembuatan coklat yang baik dan bagus, dari kakao menjadi coklat, dijelaskan juga khasiat dari coklat yang baik dan alami tersebut salah satu khasiatnya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dan untuk kesehatan gigi serta coklat tersebut sudah dijual ke seluruh wilayah Indonesia dan bahkan sudah di ekspor ke Eropa. “Kita sebagai generasi muda atau mahasiswa, nantinya selain terjun di dunia pendidikan kita juga bisa berwirausaha dan mesti punya ide, inovasi, memanfaatkan, peluang usaha” pungkas Putri Melisa. (Tim)

Leave A Reply

Your email address will not be published.