Gelanggang Mahasiswa: Suarakan Kebenaran

BEM Fikes Undhari Adakan Festival Kesehatan dan Kuliah Umum Peringati HIV/ AIDS Sedunia

332

Dharmasraya, gemaundhari.com – Memperingati hari HIV/AIDS sedunia, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) menyelenggarakan Kuliah Umum dan Festival Kesehatan dengan tema TOP (Teliti, Obati, Pencegahan HIV/AIDS). Festival Kesehatan ini diselenggarakan di Auditorium Dara Jingga kampus Undhari, Rabu (01/12/2021).

Dihadiri oleh Wakil Pembina Yayasan Amanah Ampang Kuranji, Panji Mursyidan, S.E., M.M., Rektor Undhari, Dr. Gunawan Ali, M.Kom., Wakil Rektor I, Wulan Andang Purnomo, M.Kom., Wakil Rektor II, Ita Dwi Aini, S.Farm., Apt., M.Sc., Wakil Rektor III, Dr. Amar Salahuddin, M.Pd., Wakil Dekan FIKES, Ns. Erma Erfiana, M.Kep., Ketua Program Studi Fakultas Ilmu Kesehatan, Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan, ORMAWA se-lingkungan Undhari, mahasiswa, dan civitas akademika Undhari

Pada sambutannya, Gubernur BEM Fikes Undhari, Ade Trisnawati berharap kegiatan kuliah umum dan Festival Kesehatan ini bisa memberikan pengetahuan baru kepada mahasiswa. “semoga acara ini bisa memberikan pengetahuan baru untuk kita semua, semoga Fikes Undhari semakin jaya dari masa ke masa” tutur Ade.

Wakil Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Ns. Erma Erfiana, M.Kep., juga mengungkapkan bahwa kita harus menjauhi hal-hal yang bisa menyebabkan kita tertular HIV/AIDS. “Generasi muda adalah generasi harapan bangsa, sebagai generasi yang tanggap, marilah kita menjauhi hal-hal yang menyebabkan kita tertular HIV/AIDS, dan jangan sekali-kali kita mendekati Narkoba, karena Narkoba bisa menjadi jembatan penularan HIV/AIDS” tutur Erma.

Rektor Undhari, Dr. Gunawan Ali, M.Kom. juga menyampaikan beberapa kiat-kiat dan arahan kepada mahasiswa tentang pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi. Gunawan berharap semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar, dan memberikan manfaat untuk kita semua. “Kegiatan ini adalah kegiatan yang mampu merangkap tridharma perguruan tinggi, mulai dari kegiatan kuliah umum, cek kesehatan gratis, dan sosialisasi pencegahan HIV/AIDS. Semoga penyampaian materi bisa berjalan dengan lancar, dan nantinya bisa memberikan pengetahuan baru kepada kita semua dan dapat diaplikasikan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat” kata Gunawan.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Pembina Yayasan Amanah Ampang Kuranji, Panji Mursyidan, S.E., M.M. pada sambutannya Panji menyampaikan terima kasih apresiasi kepada para penyelenggara kegiatan “saya sangat mengapresiasi kegiatan Festival Kesehatan dalam rangka peringatan hari HIV/AIDS sedunia, tanggal 1 Desember. Virus HIV adalah suatu hal yang harus diperhatikan secara serius, karena pasien HIV/AIDS di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Pemerintah memiliki proyeksi di tahun 2030 Indonesia bebas HIV AIDS. Perlu solidaritas dari berbagai stakeholder di Indonesia, termasuk kita juga harus berkontribusi dalam menghentikan HIV/AIDS, membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar terhindar dari HIV/AIDS. Kita harus saling berkolaborasi untuk mengendalikan HIV/AIDS di Indonesia”. Tegas Panji.

Rangkaian kegiatan Festival Kesehatan ini antara lain adalah Kuliah Umum, Cek Kesehatan Gratis, dan sosialisasi pencegahan HIV/AIDS. Dengan pematerinya yaitu Dr. Johariyah, S.ST., M.Keb., Dosen STIKES Cilacap, dan Ns. Sri Fauziyah, M.Kep. Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dharmas Indonesia. Penyampaian materi oleh Dr. Johariyah, S.ST. M.Keb. dilaksanakan secara daring melalui via zoom meeting. Sementara penyampaian materi oleh Ns. Sri Fauziyah, M.Kep. dilaksanakan secara tatap muka di auditorium Dara Jingga Undhari. Selanjutnya peserta kuliah umum dan Festival Kesehatan diberi pita merah sekaligus melakukan tanda tangan massal sebagai simbol peringatan hari HIV/AIDS sedunia. (Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.