Gelanggang Mahasiswa: Suarakan Kebenaran

Peringati Hari Jantung Sedunia Fakultas Ilmu Kesehatan Undhari Gelar Berbagai Kegiatan

352

Dharmasraya, www.GemaUndhari.com., Peringati hari Jantung sedunia, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu kesehatan (FIKES) Universitas Dharmas Indonesia (Undhari) menyelenggarakan berbagai kegiatan, yaitu diawali dengan senam Jantung sehat, dan Kuliah Umum yang bertemakan “Jaga Jantungmu untuk Hidup Lebih Sehat” bertempat di Auditorium Dara Jingga kampus Undhari, Rabu (28/9/22).

Dihadiri oleh Rektor Undhari Dr. Gunawan Ali, M.Kom, Wakil Rektor I, Wulan Andang Purnomo, M.Kom, Wakil Rektor II, Ita Dwi Aini, S.Farm., Apt., M.Sc., Wakil Rektor III Dr. Amar Salahuddin, M.Pd., Dekan Fakultas Kesehatan Evin Noviana Sari, S.ST., M.Keb., Wakil Dekan, Dosen se-lingkungan FIKES Undhari, Oramawa se-lingkungan Undhari, dan mahasiswa FIKES Undhari.

Ketua Pelaksana Iftita Rahma dalam sambutannya mengatakan kuliah umum ini merupakan salah satu rangkaian acara untuk memperingati Hari Jantung Sedunia. “Kami menyelenggarakan acara ini untuk memperingati Hari Jantung Sedunia yang jatuh pada tanggal 29 September dengan tujuan untuk meningkatkan perhatian masyarakat terhadap pernyakit jantung serta bagaimana pencegahan dan dampaknya.” Ungkapnya

Dekan FIKES Undhari Evin Noviana Sari, S.ST., M.Keb. juga mengatakan kepada seluruh mahasiswa yang mengikuti kuliah umum agar dapat memahami dan meningkatan kesehatan serta penting nya menjaga kesehatan khususnya kesehatan jantung yang dapat menjadi penyebab kematian nomor 1 di dunia. “Semoga kuliah umum ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan kedepannya kita juga bisa untuk menjaga kesehatan jantung dengan lebih baik” jelasnya.

Sementara, Rektor UNDHARI Dr. Gunawan Ali, M.Kom. menyampaikan bahwasanya Kuliah umum dalam rangka memperingati hari jantung sedunia ini sangatlah penting bagi setiap manusia, apalagi dalam dunia kesehatan. “Terima kasih BEM FIKES yang telah melaksanakan kuliah umum, diikuti dengan senam jantung sehat dan cek kesehatan gratis dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia ini, kegiatan ini sangat penting dilakukan agar kita lebih bisa menjaga jantung untuk hidup lebih sehat lagi dan kita bisa terhindar dari penyakit jantung” tutur Gunawan.

Pada kegiatan kuliah umum menghadirkan ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Dharmasraya Hj. Muliati, Amd. Keb,.SKM,.M. Kes.,dan Kasi Pelayanan Medik RSUD Sungai Rumbai dr. Rufaldi Fernando

Hj. Muliati,Amd.,M.Keb,. SKM,.M.Kes.,menyampaikan bahwa penyakit hipertensi adalah gejala utama penyakit jantung pada ibu hamil. Jika ibu hamil mengalami penyakit jantung kita sebagai tenaga kesehatan tidak boleh berasumsi bahwa ibu yang memiliki penyakit jantung tidak bisa melahirkan secara normal. “Kita sebagai tenaga kesehatan harus bisa memberikan motivasi kepada ibu hamil tersebut agar derajat kesehatannya tetap optimal.” Tutur Muliati

Sementara itu dr. Rufaldi Fernando menyampaikan pencegahan penyakit jantung harus dilakukan sejak usia muda, terutama dikalangan mahasiswa. Karena anak muda atau mahasiswa memiliki tingkat stress yang cukup tinggi, sehingga hal tersebut bisa mengganggu kesehatan jantungnya. “Tips pencegahan penyakit jantung di usia muda atau mahasiswa adalah dengan cara menjaga pola makan sehat, sering berolahraga dan kontrol stress.” Kata Rufal. (Tim)

Leave A Reply

Your email address will not be published.