Gelanggang Mahasiswa: Suarakan Kebenaran

Nemarius Mahasiswa Teknik Informatika Filkom Undhari Dikukuhkan sebagai Runner-up Duta Genre Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022

551

Dharmasraya, www.gemaundhari.com., Pemilihan Duta Genre Kabupaten Dharmasraya merupakan agenda tahunan Forum GenRe Dharmasraya untuk mencetak generasi muda yang membawa perubahan pada moral dan karakter generasi bangsa menuju generasi yang sehat, cerdas, dan ceria. Di tahun 2022 ini Forum GenRe Dharmasraya kembali mengadakan Pemilihan Duta Genre Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022. Acara ini dilaksanakan selama 7 hari dan acara puncaknya dilaksanakan di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Pulau Punjung, Kamis (03/03/2022).

Acara bergengsi ini dihadiri oleh Perwakilan BKKBN Sumatra Barat yang diwakili oleh Koordinator Bidang KSPK Drs. Budi Mulia, M.Si., Kepala Dinas P3APPKB Kabupaten Dharmasraya, Bobby Perdana Riza, STP., M.Si., Kepala Bidang PPKB Dinas P3APPKB Kabupaten Dharmasraya, Yusni Sri Hartati, S.Tr. Keb., M.KM. Pendamping Finalis Duta Genre Kabupaten Dharmasraya 2022, Peserta Duta Genre Kabupaten Dharmasraya 2022, beserta para tamu undangan yang merupakan kerabat dan pendukung peserta Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022.

Pada sambutannya Perwakilan BKKBN Sumatra Barat yang diwakili oleh Koordinator Bidang KSPK Drs. Budi Mulia, M.Si., mengungkapkan bahwa GenRe harus bisa bergerak bersama untuk melakukan inovasi dan inspirasi baru di kalangan remaja dan masyarakat.

“Sesuai perubahan zaman, generasi muda tidak cukup hanya berpacu pada ilmu pengetahuan dan teknologi akan tetapi juga dari segi sikap dan perilaku. Isu utama yang harus diperhatikan adalah bagaimana caranya agar remaja Indonesia tidak melakukan pernikahan di usia dini. Banyak dampak negatif bagi remaja putri jika terjadi pernikahan dini. Menikah di usia dini juga meningkatkan resiko kematian bayi dan ibu melahirkan.” pungkasnya

Budi juga menambahkan bawasannya Remaja genre juga tidak boleh melakukan perilaku seks menyimpang.
“Remaja harus bisa mempertahankan nilai budaya dan agama. Terbebas dari Napza, dan terhindar dari Stunting / gagal tumbuh. Di tahun 2022 ini GenRe Sumatra Barat akan menggerakkan peduli Stunting. GenRe harus bisa memberi inovasi baru dan bagi duta GenRe yang terpilih bersama kita dukung agar inovasinya bisa diimplementasikan di kabupaten Dharmasraya.” tambahnya.

Diikuti oleh putra putri terbaik Generasi Berencana kabupaten Dharmasraya yang salah satunya adalah Nemarius Harita mahasiswa semester 2 program studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI). Dari serangkaian acara yang panjang, pada Grand Final ini telah dikukuhkan finalis yang telah mendapatkan tugas dan tanggung jawabnya yang baru sebagai Duta GenRe Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022. The Winner Duta GenRe Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022 yaitu M. Ridho Arraafi dan
Riski Yunia Putri. Runner Up Nemarius Harita Undhari dan Melsa Elisa, Juara 3 Wahyu Deza Illahi dan Panny Patika Sari Almar. Juara 4 M Mufid Al-Ghifari dan Rassyanti Yunita Putri. Juara 5 Farhan Awalul Badri dan Vivi Desrianti Putri

Sebagai satu-satunya mahasiswa yang mengikuti ajang ini, Nemarius Harita berharap agar langkahnya dapat menginspirasi mahasiswa lainnya.
“Terima kasih banyak buat teman-teman yang sudah mendukung Nema sampai di titik ini, semoga dengan Nema jadi Runner Up Duta GenRe Dharmasraya ini menjadi motivasi dan terobosan baru buat mahasiswa Undhari kedepannya, untuk berprestasi dan semoga saja tahun depan The Winner nya akan diraih oleh UNDHARI”. Tutur Nema.

Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Dharmasraya ini bisa menjadi awal yang baik menuju pemilihan Duta GenRe Sumatra Barat. Duta Genre memiliki tugas yang lebih berat karena tugasnya adalah mengedukasi perubahan perilaku dari kawulanya sendiri, target forum genre adalah teman-teman dengan segala keterbatasan gizi, ekonomi, edukasi, mereka butuh support dan dukungan terbaik dari berbagai pihak agar tugasnya dapat dilaksanakan dengan baik. Tujuannya bukan mencari orang tercantik, terganteng, atau terkeren, akan tetapi perubahan perilaku yang menjadi fokus utama akan mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak sehingga dapat mencapai tujuan terbaik dan mempertajam tujuan menuju generasi berencana di kabupaten Dharmasraya.

Sementara itu Wakil Rektor III Undhari Dr. Amar Salahuddin, M.Pd. mengapresiasi atas pencapaian mahasiswa Undhari atas nama Nemarius Harita, selamat dan sukses atas dikukuhkannya Nemarius Harita sebagai runner-up pemilihan Duta Genre Kabupaten Dharmasraya 2022, “Pihak kampus dan pimpinan Undhari sangat mengapresiasi dan mendorong mahasiswa untuk selalu berkarya dan berprestasi, semoga menjadi langkah awal yang baik bagi mahasiswa Undhari untuk terus berkaraya dan berprestasi.” Harap Amar. (PL)

Leave A Reply

Your email address will not be published.