Gelanggang Mahasiswa: Suarakan Kebenaran

Hima Prodi Kebidanan Fikes Undhari Selenggarakan Penyuluhan, Pemeriksaan Kesehatan, dan Pengobatan Gratis

240

Dharmasraya, www.gemaundhari.com. Himpunan Mahasiswa Program Studi (Hima Prodi) D-3 dan S-1 Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) melaksanakan kegiatan bakti sosial dan pengabdian masyarakat yaitu dalam bentuk penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan serta pengobatan gratis bagi masyarakat yang bertempat di TK Islam Bakti 79 Jorong Aur Jaya, Sitiung V, Nagari Koto Padang, Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatra Barat, Kamis (21/07/2022).

Menurut Sri Indriani selaku ketua Hima Prodi Kebidanan Fikes Undhari, kegiatan bakti sosial dan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu program kerja dari Hima Prodi D-3 dan S-1 Kebidanan Fikes Undhari dalam memberikan pemahaman tentang pentingnya pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui penyakit kronis yang belum terdeteksi dan mengetahui perkembangan penyakit kronis yang telah terdeteksi pada masyarakat untuk menciptakan masyarakat yang memiliki gaya hidup sehat.

“Rangkaian kegiatan berupa penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan gratis, dan pengobatan gratis yang diikuti oleh ibu hamil, lansia, remaja, dan balita setempat.” Kata Sri.

Selanjutnya Oktorelia Nedean selaku ketua pelaksana berharap semoga kegiatan ini dapat mempererat kerjasama antara Hima Prodi Kebidanan Fikes Undhari dengan bidan setempat dalam mewujudkan kesehatan masyarakat. “Semoga melalui kegiatan ini, kita dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan, begitu juga dengan calon tenaga kesehatan khususnya kebidanan Fikes Undhari agar dapat menerapkan ilmunya untuk melayani masyarakat dan Hima Prodi Kebidanan Fikes Undhari dapat bekerjasama dengan bidan desa dalam mendeteksi dini masalah kesehatan yang ada di masyarakat” ungkap Nedean.

Masyarakat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Rahendra Hari salah satu warga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Hima Prodi Kebidanan Fikes Undhari yang telah menyelenggarakan penyuluhan, pemeriksaan kesehatan, dan pengobatan gratis ini. “Terima kasih kami ucapkan kepada Hima Prodi Kebidanan Fikes Undhari, melalui kegiatan ini kami dapat mengetahui keadaan kesehatan kami, karena kegiatan penyuluhan, cek kesehatan dan pengobatan gratis sudah lama tidak diselenggarakan di daerah kami” ungkap Rahendra.

Sementara itu Dr. Gunawan Ali M.Kom., Rektor Undhari, melalui Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, Kerjasama, dan Humas, Dr. Amar Salahuddin M.Pd. mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Hima Prodi Kebidanan Fikes Undhari, “walau pada masa libur semester, Hima Prodi Kebidanan tetap berkegiatan, kegiatan nan sungguh mulia dan luar biasa” tegas Amar.

Melalui kegiatan ini, Hima Prodi Kebidanan Fikes Undhari tidak hanya sekadar menjalankan program kerja dan pengabdian kepada masyarakat, ” mereka juga telah melatih dan mempersiapkan diri terjun ke masyarakat dan mengimplementasikan ilmu yang telah dipelajarinya agar bermanfaat untuk masyarakat umum. Proses ini merupakan modal yang luar biasa bagi adik-adik Hima Prodi Kebidanan Fikes Undhari” Pungkas Amar. (red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.