Gelanggang Mahasiswa: Suarakan Kebenaran

Mahasiswa PGSD FKIP UNDHARI Kunjungi PDIKM Padangpanjang

292

Padangpanjang, GemaUndhari.com. Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) kembali menggelar kuliah lapangan. Kuliah lapangan ini digelar di Museum Bustanil Arifin, Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) di Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang. Senin (29/3/2021).

Dalam kuliah lapangan ini, mahasiswa PGSD FKIP UNDHARI didampingi langsung oleh Wakil Harian Yayasan Amanah Ampang Kuranji, Andisa Putra, S.IP Wakil Rektor II Universitas Dharmas Indonesia, Dr. Amar Salahuddin, M.Pd., dan dosen pengampu mata kuliah Sonia Yulia Friska, M.Pd., Ana Novitasari, M.Pd., dan Gingga Prananda, M.Pd. Kuliah lapangan ini diikuti oleh 144 mahasiswa dari program studi PGSD angkatan 2019, pada kuliah lapangan ini, mahasiswa PGSD FKIP UNDHARI disalakan masuk dalam ruang PDIKM dan diberi informasi-informasi penting mengenai kebudayaan di Minangkabau oleh petugas yang ada di PDIKM. Mereka diberi wejangan secara langsung oleh petugas PDIKM.

Renita petugas PDKIM menyampaikan bahwa berangkat dari kesadaran untuk melestarikan dan mendekatkan dokumen tentang kebudayaan Minangkabau dengan orang Minangkabau itu sendiri, Bustanil Arifin, Mantan Menteri Koperasi Republik Indonesia pada masa Orde Baru, mendirikan museum ini sebagai wadah untuk menghimpun berbagai dokumen dan informasi tentang kebudayaan Minangkabau. “Museum ini didirikan oleh Bapak Bustanil Arifin, Mantan Menteri Koperasi Republik Indonesia pada masa Orde Baru. PDIKM didirikan pada tanggal 8 Agustus 1988 dan diresmikan pada tanggal 17 Desember 1990. Konstruksinya dibuat menyerupai konstruksi rumah gadang agar tahan gempa, museum ini berisikan berbagai macam informasi dan koleksi mengenai kebudayaan Minangkabau.” Tutur Renita.

Mahasiswa FKIP UNDHARI sangat antusias mengikuti setiap rangkaian kegiatan kuliah lapangan tersebut. Setelah menerima materi dari petugas PDKIM mereka diperbolehkan untuk melihat-lihat seisi museum dan menyewa baju adat dan berfoto di sekitar museum.

Sementara itu, Pingka Langgora selaku mahasiswa PGSD FKIP Undhari, peserta kuliah lapangan mengungkapkan bangga dan sangat senang dapat mengikuti kuliah lapangan dan berkunjung ke museum PDIKM Padangpanjang. “Kegiatan kuliah lapangan yang luar biasa, tentunya kami sangat bangga, senang, dan terharu, selain pemandangan alam yang elok, tetapi juga menyimpan banyak peninggalan adat budaya yang mesti kita jaga dan lestarikan” ungkap Pingka. (PL)

Leave A Reply

Your email address will not be published.