Gelanggang Mahasiswa: Suarakan Kebenaran

336 Mahasiswa Undhari Diwisuda: Jadikan Pendidikan sebagai Pemutus Rantai Kemiskinan

290

Dharmasraya, gemaundhari.com,- Universitas Dharmas Indonesia (Undhari) mewisuda 336 lulusan, Senin (18/10). Wisuda ke-12 ini digelar di GOR Dara Jingga Undhari. Mahasiswa yang diwisuda terdiri dari lulusan S-1 sebanyak 315 orang, D-3 sebanyak 20 orang.

“Pada wisuda tahun ini Fakultas Ilmu Kesehatan meluluskan 57 orang terdiri dari Program Studi Keperawatan 30 orang, Program Studi Diploma 3 Kebidanan sebanyak 19 orang dan program studi Profesi Ners 8 orang,” kata Rektor Undhari Gunawan Ali.

Lalu Fakultas Ilmu Komputer meluluskan Sarjana Komputer sebanyak 93 orang terdiri dari 71 orang lulusan Program Studi Sistem Informasi, 22 orang lulusan Program Studi Teknik Informatika dan 1 orang lulusan Diploma 3 Teknik Komputer. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) meluluskan Sarjana Pendidikan sebanyak 164 orang, terdiri dari 111 orang lulusan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8 orang lulusan Program Studi pendidikan Bahasa Inggris, 10 orang lulusan Program Studi Pendidikan Jasmani dan Rekreasi, 9 orang Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, dan 21 orang lulusan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia dini.

Gunawan menjelaskan, Universitas Dharmas Indonesia merupakan gabungan dari tiga sekolah tinggi yaitu STIKES Dharmasraya, STMIK Dharmasraya, dan STKIP Dharmasraya, yang kemudian pada 2 Oktober 2015 melalui SK Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI No. 70/KPT/I/2015 ketiga sekolah tinggi tersebut berubah menjadi Universitas Dharmas Indonesia.

Saat ini memiliki 4 fakultas yang terdiri dari Fakultas Ilmu Kesehatan dengan 3 Program Studi (S-1 Keperawatan, D-3 Kebidanan, dan Profesi Ners), Fakultas Ilmu Komputer dengan 3 Program Studi (S-1 Teknik Informatika, S-1 Sistem Informasi, dan D-3 Teknik Komputer), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan 6 Program Studi (PGSD, Pendidikan Bahasa Inggris, PGPAUD, Penjaskesrek, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Indonesia), Fakultas Hukum dan Ekonomi Bisnis dengan Program Studi (S-1 Manajemen dan S-1 Hukum).

“Dari database sistem akademik Universitas Dharmas Indonesia, dapat kami sampaikan bahwa, sebanyak 165 orang (49.25%) lulusan yang diwisuda pada hari ini, lulus dengan Indek Prestasi Kumulatif (IPK) diatas 3,50, kemudian 167 orang (49,85%) lulus dengan IPK pada range 3,00 sampai 3,50, dan sisanya hanya 4 orang (0.9%) lulus dengan IPK kurang dari 3,00. Dari data diatas terlihat bahwa, rata-rata IPK lulusan wisudawan Universitas Dharmas Indonesia adalah 3,48,” katanya.

Pembina Yayasan Amanah Ampang Kuranji -Undhari, yang juga anggota DPD RI Elviana menyampaikan sebagai badan hukum penyelenggara Undhari, yayasan selalu mendorong dan mendukung pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi. Mendorong dosen untuk studi lanjut S-3, mendorong kenaikan pangkat atau jabatan fungsional dosen, sertifikasi dosen, mengapresiasi memberikan insentif publikasi karya tulis ilmiah dan buku karya dosen. Melengkapi semua sarana prasarana kampus, begitu juga mendukung penuh semua kegiatan kemahasiswaan baik akademik maupun ekstrakurikuler.

Elviana menambahkan, selamat dan sukses atas capaian para mahasiswa yang hari diwisuda menjadi sarjana, “jadikanlah pendidikan sebagai pemutus rantai kemiskinan.” harap Elviana

Asisten Administrasi Umum Setda Pemprov Sumbar Andri Yulika mengapresiasi acara wisuda Undhari. “Acara wisuda yang digelar kampus diluar ibukota Sumbar, di luar kota Padang, yaitu di Dharmasraya kampus Undhari. Namun, tak kalah kualitas acaranya. Acaranya sangat berkualitas,”katanya.
Andri menyampaikan orasi ilmiah mewakili Wagub Sumbar dengan tema kreatif dan meraih prestasi di masa depan. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.